"SEBAGAI GURU JANGAN TAKUT PERUBAHAN SEBAB GURU ADALAH PELOPOR PERUBAHAN"

Rabu, 07 Desember 2011

DAMPAK NEGATIF SERTIFIKASI GURU


DAMPAK NEGATIF SERTIFIKASI GURU
Menginggat terlalu banyak hal-hal positif tentang sertifikasi bagi guru saat ini dan terlalu banyak sanjungan dari program Sertifikasi Guru Padahal banyak sesuatu yang sangat –sangat memprihatinkan dan secara bahasa yang ekstrim (begitu tragis dan ….?????) Maka saya akan mencoba untuk menganalisa secara pribadi sesuatu yang kurang baik atau butuh suatu perbaikan dengan adanya Sertifikasi Guru,sebab menurut pribahasa tiada gading yang tak retak dan tiada yang sempurna didalam dunia ini.Dan saya dalam menganalisa masalah ini tidak membutuhkan pembenaran ataupun pendapat setuju dan tidak setuju karena semua ini merupakan pengalaman pribadi yang tentunya banyak hal yang sesuai maupun yang tidak sesuai dengan para pembaca.
Analisa saya ini berdasarkan fakta dari teman guru yang sudah mengikuti sertifikasi melalui jalur Portofolio maupun jalur PLPG dan dasar pemikiran saya sangat sederhana yaitu mersa prihatin dengan teman-teman (Guru  )yang sudah lulus sertifikasi dan lebih mendalam lagi teman  yang tidak lulus PLPG.
Pertama
Dengan adanya Sertifikasi ,Guru seakan-akan sudah tidak dipercaya lagi dalam hal administrasi dan model pembelajaran yang telah dilakukannya didalam kelas disini saya membuktikan dengan adanya Penilaian kinerja Guru yang akan terus menerus dilakukan bahkan saya mendengar minimal 2 kali dalam satu tahun.Memang Penilaian Kinerja Guru itu sangat-sangat perlu tapi yang menjadi masalah mengapa tidak cukup Kepala Sekolah Atau Penilik Lokal yang berperan mengapa harus melibatkan yang lain ? Apa Kepala sekolah dan Penilik dianggap tidak Mampu Tentunya kan Tidak demikian .Bahkan saya merasa LPMP yang sebenarnya  menjadi Mitra ! bagi Guru Bukan menjadi Lembaga Peradilan bagi Guru sebab sekarang ini LPMP Seakan menjadi Malikat bagi Guru Dapat meluluskan dan dapat tidak meluluskan Sertifikasi Guru denagn tanda Tanya yang sanggaaattt besar.
Kedua
Dengan adanya sertifikasi,Guru seakan menjadi bahan uji coba bagi LPMP mengapa saya katakana sebagai bahan uji coba? Karena saya melihat Program Sertifikasi ini tidak konsisten dalam menerapkan system mulai dari pertama diluncurkan program Sertifikasi sampai sekarang ini prosesnya selalu berubah –ubah  dan LPMP seakan tidak menemukan formula yang tepat dalam hal pelaksanaan Sertifikasi Guru,memang semua program butuh pembenahan dan perbaikan tentunya Namun LPMP harus sadar ini Guru Bukan siswa Kalau sudah terjadi kesalahan maka akibatnya sangggattt fatal bagi kelangsungan pendidikan di Indonesia saat ini!!!!????.
Ketiga
LPMP tidak pernah mau merasakan beban moral dan siksaan batin Guru-guru yang tidak Lulus PLPG coba turun kebawah dan tanyakan perasaan mereka saya rasa 10 hri PLPG bias menjadi mala petaka yang sagat kejam bagi Guru yang tidak lulus PLPG .Saya merasa penilaian dan kriteria Pelulusan Sertifikasi Guru perlu adanya perbaikan dan kajian kembali yang meliputi berbagai aspek yang butuh telaah mendalam bagi LPMP.
Terakhir
Terima kasih Sertifikasi Guru  dan LPMP yang bisa menimbulkan kecemburuan di semua lini dan sisi dalam dan luar.
Itulah sisi-sisi negative sertifikasi yang secara pribadi saya rasakan  dan perlu diingat ini hanya pengalaman pribadi yang tentunya jauh dan jauh dari ………?????!!!!!!!!?????
Dan saya berharap mudah-mudahan sertifikasi Guru membuat dan membawa manfaat yang betul –betul akan membawa Pendidikan di Indonesia ini semakin maju dan maju Hidup Guru.!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar: